Alasan Iklan Sponsor Instagram Paling Masuk Akal Bagi Bisnis

3 min read

Alasan Iklan Sponsor Instagram Paling Masuk Akal Bagi Bisnis

Sudah tidak diragukan bahwa Instagram menjadi primadona platform media sosial yang terkuat. Terutama dalam hal melakukan pemasaran dan pengiklanan. Namun, peningkatan pemasaran instagram dapat dianggap sebagai berkah atau kutukan. Pasalnya, dari total 25 juta akun bisnis, semuanya memperjuangkan perhatian dari pengguna Instagram. Oleh karena itu dibuatlah fitur terbaru yakni iklan sponsor instagram yang cocok bagi bisnis.

Sehingga promosi bisnis melalui Instagram yang sebelumnya menantang dan menakutkan, menjadi lebih mudah. Patut disadari jika ada segudang potensi keuntungan untuk dapat memenangkan persaingan bisnis di instagram. Dimana kemungkinan besar diperoleh dari kegiatan beriklan melalui instagram.

Memasukkan iklan sponsor Instagram juga dianggap sebagai investasi bisnis. Tetapi sebelum menerapkannya, Anda wajib tahu alasan iklan sponsor instagrammenjadi hal paling masuk akal terhadap bisnis. Dimulai dari menjelajahi potensi pemasaran keseluruhan dari iklan Instagram dan jenis iklan umum yang biasa dibuat.

Potensi Pemasaran Iklan Instagram

Secara umum iklan Instagram merupakan fitur populer di kalangan pengiklan masa kini. Berdasarkan statistik yang dikemukakan oleh Backlinko, terdapat lebih dari 2 juta pengiklan aktif menggunakan Instagram.

Meskipun begitu banyak pengiklan menggunakan platform untuk mempromosikan produk, bukan berarti pengiklanan biasa menjadi pilihan tepat. Apabila melihat lebih dekat dari statistik Instagram, ada beberapa korelasi yang masuk akal yakni;

  • Instagram memiliki lebih dari 1 miliar pengguna yang aktif setiap bulan.
  • Lebih dari 80% pengguna instagram mengikuti minimal satu platform bisnis instagram.
  • Sekitar 72% pengguna menyatakan sudah membeli produk usai melihatnya melalui story atau feed instagram.
  • Lebih dari 150 juta orang menggunakan Instagram untuk berkomunikasi dan berbisnis.
  • Instagram dinobatkan sebagai platform terbesar kedua untuk pengiklan setelah Facebook.

Terutama sejak Facebook mengakuisisi Instagram, membuat potensi pemasaran produk melalui akun bisnis instagram meningkat. Disamping itu, iklan dari Instagram dapat dijalankan pula dengan iklan pada Facebook. Alhasil pengguna kedua platform tersebut dapat memasang iklan sama dan juga melakukan akses menuju:

  • Kustomisasi kampanye yang lebih baik
  • Pemformatan iklan beragam
  • Peluang jangkauan target lebih luas

Jadi, dari sudut pandang praktik pemasaran, Instagram berpotensi besar menjangkau audiens target dari seluruh penjuru dunia. Bahkan, pemilik bisnis semakin mudah untuk mengintegrasikan umpan instagram menuju situs website tertentu.

Jenis Iklan Instagram

Contoh iklan di akun instagram bisnis
(foto: portalbalikpapan.com)

Ada berbagai jenis iklan Instagram yang diandalkan oleh para pebisnis, antara lain iklan yang dipromosikan dan iklan sponsor instagram. Instagram membuka pelaung pebisnis untuk mempromosikan posting yang sudah memiliki keterlibatan yang baik. Postingan tersebut semakin mencuri perhatian dan menjangkau lebih banyak audiens.

Sehingga tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membuat konten baru. Ada pula postingan bersponsor yang memanfaatkan konten yang sudah ada atau konten baru. Anda lebih leluasa memilih konten apa saja yang diiklankan.

Iklan sponsor instagram akan dipromosikan melalui Stories. Terkadang ditemukan pula iklan bersponsor yang diposting dalam bentu carousel dan gambar pada feed instagram. Posting bersponsor disinyalir menawarkan peluang dan penargetan iklan untuk beragam tujuan.

Dapat disimpulkan bahwa iklan bersponsor menjangkau lebih banyak audiens dibanding iklan yang dipromosikan. Postingan yang dipromosikan dapat digunakan untuk penargetan ulang.

Dari sini Anda dapat memilih postingan bersponsor sebagai strategi utama. Sementara, iklan yang dipromosikan sebagai investasi dari waktu ke waktu guna menjaga tingkat keterlibatan audiens.

Baca juga : Hacks Mengelola Instagram Bisnis Supaya Pertumbuhan Maksimal

Biaya Iklan Sponsor Instagram

Strategi marketing online melalui iklan bersponsor
(foto: todateen.com)

Setiap iklan membutuhkan biaya karena dengan menggunakan iklan dapat memuluskan strategi pemasaran. Harga rata-rata per klik pada iklan bersponsor Instagram sekitar $ 0,50 sampai dengan $ 1.

Anda dapat mempertimbangkan komponen pembentuk iklan sponsor instagram. Mulai dari format iklan karena konten dalam iklan bersponsor memengaruhi harga akhir. Jenis format iklan sponsor instagram termahal menampilkan iklan foto tunggal.

Selain itu, ditinjau dari penargetan dan penempatan iklan. Perhatikan seberapa besar audiens ditargetkan yang dinamakan audiens dalam permintaan. Contohnya, ketika Anda memilih target wanita berusia 18-30 tahun di Inggris dengan bisnis  industri mode. Maka harga iklan bersponsor naik menjadi $ 4 per 1.000 tayangan.

Faktor musiman juga menjadi penentu biaya pengiklanan bersponsor. Contohnya produk blazer tie die sedang menjadi topik hangat diseluruh dunia. Dampaknya karena musim mode tie die ini hits maka mempengaruhi biaya pengiklanan yang lebih tinggi. Pada dasarnya iklan sponsor Instagram lebih mahal dari iklan sponsor Facebook.

Namun, apabila ditelusuri akan ditemukan perbedaan drastis antara tingkat keterlibatan yang diperoleh dari kedua platform ini. Terutama jika diterapkan pada bisnis baru atau skala menengah ke bawah, postingan bersponsor instagram menjadi pilihan paling tepat. Sebab, biaya yang dibutuhkan untuk membuat postingan tersebut tidak begitu mahal.

Kini, Facebook menjadi perusahaan induk Instagram dan mengatakan sedang mengembangkan iklan bisnis seperti yang dilakukan instagram. Sehingga para pengguna akun Facebook dapat menyesuaikan anggaran kampanye iklan selama periode tertentu. Baik bayaran penawaran harian, bulanan, dan tahunan akan menampilkan penawaran sejak awal.

Apakah Bisnis Anda Siap untuk Iklan Sponsor Instagram?

 Iklan di Instagram Ads Meningkatkan Keuntungan
(foto: logique.com)

Biasanya pebisnis online atau perusahaan menyediakan anggaran tersendiri untuk kampanye iklan bersponsor Instagram dan konten. Meskipun anggaran tersedia sangat mumpuni, namun apakah bisnis online benar-benar siap melakukan iklan di Instagram. Ada sejumlah tanda yang menunjukkan kematangan bisnis beriklan melalui Instagram.

Selain itu, Anda dapat mengenali tanda-tanda yang menunjukkan suatu bisnis terlalu dini menerapkan strategi periklanan Instagram. Check this out!

1. Bisnis Tidak Memiliki Strategi Pemeliharaan Prospek

Iklan bersponsor platform ini haruslah menghasilkan prospek yang jelas. Namun, tidak membutuhkan pendekatan tertentu guna menutup penjualan. Pemeliharaan prospek penjualan dalam hal ini harus dapat timbal balik dari aspek periklanan. Sebelum mempertimbangkan investasi dalam beriklan di Instagram menjadi pilihan terbaik.

2. Pemeriksaan Corong Penjualan

Saluran penjualan Instagram pada dasarnya adalah indikator penting yang akan menentukan keberhasilan bisnis menarik para pelanggan. Apabila ditemukan hal-hal yang menghalangi calon pelanggan bertindak membeli produk maka harus dicari jalan keluarnya.

Mempublikasikan konten merupakan hal wajar tetapi bukan berarti langsung meningkatkan keterlibatan audiens. Oleh sebab itu, saat merencanakan investasi modal melalui iklan bersponsor di Instagram wajib didorong dengan strategi pemasaran konten yang kuat.

Anda dapat memulainya dari mempublikasikan postingan sosial media yang bernilai tinggi dan mengedukasi audiens. Selanjutnya setiap postingan berupa foto dan video harus dipoles dengan editing yang cantik. Hal tersebut juga membantu bisnis menentukan pelanggan dan jenis iklan apa yang cocok diterapkan.

Bagaimana Jika Mengabaikan Poin-poin Iklan Sponsor Instagram?

Ingat bahwa tidak semua perusahaan atau pebisnis peka untuk mempertimbangkan poin-poin penting diatas. Bahkan, tidak jarang banyak yang menghabiskan modal perusahaan untuk beriklan terlalu cepat.

Itulah sebabnya Anda dapat memulainya dengan lambat guna memastikan strategi beriklan benar-benar tepat sasaran. Disamping mengumpulkan modal karena penggunaan satu jenis iklan saja tidaklah cukup.

Pengiklanan yang salah pada mula diterapkan bisnis berpotensi merugikan merek. Sementara untuk memperbaiki pandangan audiens terhadap merek membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *