Step by step Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Agar Mendorong Penjualan

3 min read

Step by step Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Agar Mendorong Penjualan

Merek-merek terkenal kini menggunakan Instagram dengan sepenuh hati karena alasan kekuatan pemasaran dan mendorong penjualan. Bahkan, penggunaan instagram diibaratkan sebagai “rumah untuk penceritaan visual”. Sederhananya instagram untuk bisnis menjadi saluran pemasaran paling penting untuk semua bisnis.

Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Menjadi Kekuatan Merek

Sejujurnya Instagram untuk bisnis dianggap sebagai alat pemasaran yang sangat mahal. Terlebih lagi fitur lonceng, peluit, dan kecerdasan buatan yang mempuni. Instagram dianggap dapat memotong kompetitor digital dan membantu memperoleh pelanggan potensial.

Semua alat-alat instagram bawaan ini sepenuhnya dapat digunakan gratis. Anda cukup mempelajari cara penggunaannya dan meluangkan sedikit waktu untuk membuat pengaturannya. Fitur bawaan yang mumpuni ini seperti pemberitahuan otomatis, story, feed, hands-free, filter instagram, hingga swipe-up.

Instagram Untuk Bisnis Sebagai Platform Paling Tepat

Step by step Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Agar Mendorong Penjualan
(foto: designrush.com)

Apabila Anda baru pernah mencoba Instagram wajib belajar secara perlahan. Menurut pemasaran profesional rata-rata 19% mengatakan tidak menjadikan Instagram sebagai prioritas pemasaran. Sementara 23% pemasaran profesional lainnya belum berani menggunakan instagram.

Namun, waktu sudah berubah karena dunia digital dan internet sangat berkembang pesat. Sehingga para pelaku bisnis mengikuti tren “bentuk Window Shopping yang berkembang” di Instagram. Alhasil, bisnis dapat menjangkau lebih banyak pelanggan daripada sebelumnya.

Instagram memiliki 75 juta orang pengguna dari seluruh dunia. Bahkan, sekitar 35% pengguna instagram aktif membuka aplikasi ini setiap harinya. Persentase pengguna instagram terbanyak ini dimainkan oleh anak muda sekitar usia 15-30 tahun.

Baca juga : Hacks Mengelola Instagram Bisnis Supaya Pertumbuhan Maksimal

Cara Memberi Perhatian Pada Akun Instagram Untuk Bisnis

Step by step Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Agar Mendorong Penjualan
(foto : magenest.com)

Terlepas dari ukuran, kesuksesan, atau popularitas bisnis apabila belum menjalankan akun instagram untuk bisnis maka akan tenggelam dimakan zaman. Dulu perusahaan besar tidak benar-benar memberikan Instagram perhatian yang layak.

Berbeda dari kondisi sekarang justru banyak perusahaan raksasa mengandalkan instagram untuk bisnis. Platform media sosial tersebut dinilai ramah dan membawa peruntungan bagi bisnis. Simak tiga cara untuk memastikan bahwa merek dapat meningkatkan penjualan secara cepat dan organik. Check this out!

1. Mengedit Feed Foto dan Video

Salah satu aspek Instagram yang paling memikat adalah tampilannya yang menarik. Untuk postingan foto tentunya harus dibuat semenarik mungkin agar mudah diingat. Disinilah diperlukan filter instagram agar membuat feed semakin cantik.

Ingat ketika pertama kali audiens mengetuk nama pengguna Instagram maka akan dibawa menuju halaman utama akun instagram. Disinilah mereka akan melihat deretan gambar persegi dan memperoleh kesan pertama.

Apabila penuh dengan foto dan video yang tidak beraturan dampaknya identitas asli merek menjadi kabur serta sulit ditebak. Alhasil kemungkinan audiens mengindahkan atau menjauh berpotensi besar terjadi.

Namun, apabila identitas akun instagram dapat dilihat dengan memukau maka audiens akan melakukan tindakan lanjutan. Misalnya mencari tahu lebih banyak, berkomentar, scrolling, dan mengikuti akun.

Oleh sebab itu, penting disadari untuk mengunggah foto dan video dengan metode estetika dan tematis akan menyempurnakan konten akun. Dari sinilah Anda akan memperoleh pengikut secara organik yang menyukai isi konten.

2. Terlibat secara Eksponensial

Pada akhirnya orang-orang ikut mempelajari cara menggunakan Instagram untuk bisnis karena menjadi pendorong utama penjualan. Terutama efektif dalam meningkatan visibilitas merek dan keterlibatan dari audiens.

Walaupun terlihat seperti hal kecil tetapi akan terbayar dengan eksponensial. Apabila banyak audiens yang menyukai gambar dan video, menandai pengguna instagram lain, dan berkomentar dengan menyertakan hashtag yang relevan.

Intinya sebagai perusahaan pemilik akun instagram untuk bisnis wajib menerapkan langkah-langkah strategi. Dimana tujuan dari penerapannya untuk menempatkan merek di depan calon pelanggan.

Sisi eksponensial dari akun instagram bisnis ternyata cukup luas. Misalnya memberi tag pada pengikut akun instagram dalam beberapa kiriman. Hasilnya perusahaan akan memperoleh pengikut organik dalam waktu yang relatif cepat.

Setelah teman dari pengguna akun tersebut melihat merek Anda melakukan tag melalui pos maka akan merasa dihargai. Efek positif yang ditimbulkan adalah teman-teman yang bersangkutan tertarik untuk terlibat pada merek.

Ingat bahwa saat penjangkauan publik terjadi secara tidak teratur akan mengacaukan pertumbuhan pengikut organik. Sementara ketika penjangkauan publik stabil maka pertumbuhan organi membaik dan dapat memperoleh momentum penjualan yang tepat.

Metode seperti ini ternyata sudah digunakan oleh perusahaan raksasa Coca-Cola. Lebih baiknya lagi ternyata Coca-Cola telah membuktikan bahwa membangun merek melalui media sosial sebagai langkah penting.

Dapat Anda perhatikan bahwa merek Coca-Cola secara teratur menandai dan membagikan pos bertema cola dari pengikut instagram mereka. Kemudian Coca-Cola juga mempromosikan lebih lanjut sisi kepribadian dalam kampanye iklan “Share a Coke”.

Strategi pemasaran media sosial lain yang sangat efektif untuk bisnis Instagram untuk bisnis dari pembuatan dan implementasi kontes Instagram. Dapat dilakukan beberapa kali seperti pada perusahaan pembuat vitamin dan minuman elektrolit mengatasi mabuk. Kontes instagram yang diadakan tersebut bertujuan untuk mendapatkan pengikut organik.

Adapun ketentuan yang digunakan adalah cukup menambahkan komentar menarik, menyukai postingan, dan menandai teman pada kolom komentar. Hasilnya, popularitas merek semakin terlihat dan masyarakat lebih mengenal.

Apabila berhasil diterapkan oleh brand terkemuka maka ada kemungkinan berhasil jika diterapkan pada bisnis lainnya. Dalam penjualan dan peningkatan kesadaran merek, keterlibatan audiens menjadi hal penting. Selain itu, Anda juga wajib memastikan jumlah pengikut aktif pada akun instagram juga tinggi.

3. Asosiasi Pembayaran

Saat melibatkan gaya pemasaran Instagram tidak perlu takut untuk menjadi besar. Sama halnya dengan keterlibatan pelanggan dari metode pemasaran konvensional. Perusahaan juga wajib menumbuhkan keterlibatan pengikut yang bijaksana karena secara tidak langsung menumbuhkan identitas merek.

Pada perusahaan modern seperti saat ini sudah membangun interaksi yang baik dengan selebriti, orang-orang terkenal, dan perusahaan. Interaksi tersebut tidak dapat diwujudkan secara cuma-cuma karena mendatangkan keuntungan tentu harus ada yang dibayar.

Contohnya, pembawa acara televisi terkenal bernama Giuliana Rancic yang baru-baru ini memposting tentang kaos kesadaran kanker payudara. Disini perusahaan kaos bukan milik Rancic melainkan ada orang yang mengirimkannya dari akun instagram @FEClothing.

Dalam hal tersebut Rancic bersedia mempublikasikan karena menilai penjualan kaos adalah amal. Sementara, pihak perusahaan memiliki program akan menyumbangkan sebagian dari keuntungan yang diperoleh untuk amal.

Setelah memposting ulang dari unggahan asli dari instagram Rancic maka merek akan memperluas jangkauan. Selain itu, merek @FEClothing juga memperoleh pengikut baru dan dan meningkatkan profil publik merek.

Para selebritas mengakui bahwa platform media sosial yang sangat disukai adalah Instagram. Mereka juga terlibat dengan pengikut instagram populer dan menjalin kemitraan bernilai tinggi dengan brand terkemuka.

Patokannya adalah orang terkenal dan kaya memiliki potensi visibilitas yang besar di Instagram. Sehingga mention atau regram akan menarik potensi pelanggan dan penjualan sekarang dan masa depan.

Jadi tidak mengherankan apabila penggunaan instagram untuk bisnis diterapkan. Terutama bagi akun-akun bercentang biru atau verified akan memperoleh berbagai fitur menarik dan menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *