Unsur-unsur Yang Wajib Disertakan Dalam Strategi Marketing Instagram

3 min read

Unsur-unsur Yang Wajib Disertakan Dalam Strategi Marketing Instagram

Apabila ingin mengembangkan merek dari produk perusahaan Anda maka harus mengusung strategi marketing instagram yang komplit. Sebaiknya menghindari hari-hari memposting konten instagram yang biasa-biasa saja dan dilakukan secara acak. Seperti penerapan strategi marketing instagram dengan unsur-unsur yang wajib disertakan.

Anda wajib mengingat bahwa kekuatan visual dari suatu konten sangat baik. Saat ini visual dianggap sebagai sarana komunikasi tidak langsung yang dapat menarik pelanggan. Seperti visual dari GIF, meme, foto, dan video berdurasi panjang.

Anda tidak perlu ragu-ragu untuk membuat strategi pemasaran Instagram. Bercermin dari bisnis yang berjalan di Amerika Serikat, 71% diantaranya menggunakan platform instagram. Perkiraan 29% persen dari pebisnis membuat strategi marketing instagram secara khusus.

Dalam pembahasan artikel satu ini akan berfokus dengan strategi pemasaran Instagram. Dimana menguraikan secara jelas perihal  pemasaran konten, pemasaran keterlibatan, dan pemasaran influencer. Apabila ingin bisnis online berkembang pesat maka kuasai ketiga area vital tersebut.

Strategi Marketing Instagram Melalui Pengoptimalan Konten

Strategi Marketing Instagram Melalui Pengoptimalan Konten
(foto: www.animoto.com)

Instagram adalah platform visual yang sangat populer digunakan saat ini. Oleh sebab itu, penting memastikan jika konten yang dipublikasikan secara visual, menarik dan bermanfaat. Ada berbagai cara inovatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemasaran konten instagram.

Strategi marketing instagram yang wajib diketahui adalah jadwal posting terbaik. Namun, tergantung juga dari industri yang digeluti, demografi, dan karakteristik unik lainnya. Pelajari waktu posting terbaik di Instagram. Misalnya jam-jam terbaik followers aktif dapat digunakan untuk mengupdate umpan kronologis.

Anda juga dapat memanfaatkan wawasan instagram untuk menemukan waktu update konten terbaik. Tujuannya agar konten yang diupdate dapat dilihat oleh followers aktif dan nyata.

Ingat bahwa memposting foto atau satu konten lainnya tidaklah cukup. Foto tersebut dapat diposting hingga berbentuk karousel dan dicantumkan caption pendukung. Selain itu, jumlah caption yang diposting juga perlu diperhatikan yakni tidak lebih dari 1000 kata.

Selain itu, perhatikan mengenai video yang sudah diposting apakah disukai audiens atau tidak. Anda dapat mengetahuinya dengan mudah melalui jumlah orang yang menyukai dan berkomentar.

Hal ini berarti Anda memperhatikan keterlibatan followers. Anda juga dapat membandingkan keterlibatan followers melalui video denan IGTV. Analisa fitur mana yang paling disukai untuk menentukan strategi pemasaran instagram yang hendak digunakan pada masa mendatang.

Kelebihan dari fitur IGTV adalah dapat meningkatkan keterlibatan audiens dan menghasilkan pengikut yang nyata. Apabila ingin mendapatkan pengikut Instagram yang bertahan lebih lama, maka posting video IGTV berkualitas.

Setelah menetapkan bagian penting pertama dari strategi marketing Instagram melalui konten maka wajib mempelajari cara membuat konten. Salah satu cara efektif yang digunakan yakni menyertakan hashtag pada profil.

Kini hampir semua orang tahu cara menggunakan hashtag. Namun, sudahkah Anda sebagai pemilik bisnis menggunakannya secara efektif? Sangat penting menetapkan hashtag secara strategis untuk meningkatkan visibilitas merek dan mendatangkan followers baru.

Hashtag disinyalir membantu menarik pengikut nyata. Perhatikan juga hashtag yang dicantumkan wajib mencerminkan pos dan merek, serta tidak digunakan secara berlebihan. Hashtag yang berlebihan justru tidak baik bagi merek karena menyebabkan akun teracak dan hilang dalam pencarian publik.

Terutama pada profil instagram sebaiknya tidak banyak menggunakan hashtag, cukup 1 atau 2. Berbeda dari konten foto atau video pada feed dapat menggunakan maksimal 10 hashtag instagram.

Apabila melewati batas ideal pencantuman hashtag justru telihat berlebihan dan mengacaukan caption. Untuk mencari tahu hashtag yang tepat maka dapat memanfaatkan generator hashtag. Selain itu, Anda dapat menggunakan aplikasi dari PlayStore untuk melakukan riset hashtag.

Baca juga : Hacks Mengelola Instagram Bisnis Supaya Pertumbuhan Maksimal

Strategi Marketing Instagram Melalui Pemasaran Keterlibatan

Strategi Marketing Instagram Melalui Pemasaran Keterlibatan
(foto: xendit.co)

Masih banyak orang bertanya-tanya mengenai strategi marketing instagram dari pemasaran keterlibatan. Pada dasarnya pemasaran keterlibatan menggunakan konten strategis dan alat pemasaran konten. Dimana tujuannya untuk melibatkan orang-orang dan menciptakan interaksi dari waktu ke waktu.

Hal ini seperti pemasaran yang dilakukan oleh influencer setiap hari. Pahami bahwa tidak ada gunanya memposting konten apabila tidak melibatkan audiens dan menarik followers riil.

Generasi muda tidak begitu peka terhadap metode periklanan dan pemasaran tradisional. Justru generasi muda mendambakan koneksi yang tulus diberikan oleh perusahaan melalui nstagram.

Platform Instagram mendorong merek untuk mendekati target audiens secara langsung. Dalam hal ini pemasaran keterlibatan sangat penting karena jumlah pengguna instagram dari seluruh dunia berjumlah 10x lebih banyak dari pengguna Facebook.

Menerapkan taktik pemasaran keterlibatan adalah bagian strategi marketing Instagram secara keseluruhan. Apabila tidak memiliki banyak waktu maka disarankan menggunakan jasa keterlibatan pemasaran.

Sehingga, perusahaan tidak kesulitan membangun interaksi dengan followers mereka. Apabila dilakukan oleh profesional tentu lebih menghemat waktu dan jeli terhadap hambatan-hambatan yang dihadapi.

Anda harus tahu jika jenis strategi pemasaran keterlibatan membangun hubungan otentik antara perusahaan dan followers. Dalam hal ini keterlibatan harus dilakukan secara manual dan tidak dapat menggunakan bot.

Banyak orang berfikir menyukai dan mengomentari adalah satu-satunya bentuk pemasaran keterlibatan. Faktanya untuk melibatkan pengikut nyata, perusahaan wajib aktif melalui DM, stories, dan postingan feed.

Oleh sebab itu, Anda dapat menganggap instagram sebagai alat layanan pelanggan gratis untuk berkomunikasi dengan followers. Hindari mengabaikan pertanyaan followers apabila ingin menambah jumlah followers instagram dan membangun komunitas.

Trik terakhir untuk terlibat dengan audiens yakni memanfaatkan story Instagram. Dapat dikatakan jika story adalah bagian dari strategi pemasaran Instagram. Pasalnya melalui story dapat membuat pemasaran secara real-time, mendiversifikasi konten, dan meningkatkan visibilitas.

Menyoal peningkatan visibilitas saja harus mengoptimalkan story instagram. Hal ini dikarenakan algoritme Instagram secara teratur meninjau efektifitas story dibandingkan feed. Untuk memperkuat jangkauan audiens maka gunakan pula hashtag Instagram dan stiker lokasi.

Strategi Marketing Instagram Melalui Kerjasama Influencer

Strategi Marketing Instagram Melalui Kerjasama Influencer
(foto: hopperhq.com)

Influencer merupakan profesi yang marak berkembang saat ini. Influencer tidak terlepas dari peranan mereka di instagram dan media sosial populer lainnya yang besar. Seseorang dapat dikatakan sebagai influencer apabila memiliki jumlah pengikut lebih dari 10 ribu akun instagram.

Peranan influencer inilah yang dimanfaatkan oleh merek ternama untuk terhubung dengan audiens ideal dan memperkuat strategi marketing instagram. Dalam bentuk pemasaran influencer, perusahaan dapat memperoleh followers lebih banyak dan penjualan semakin meningkat.

Kerjasama influencer yang dimaksud adalah influencer bersangkutan yang mempromosikan produk. Menurut survey dari halaman Kicksta, sebanyak 72% pengguna Instagram melakukan pembelian karena melihat produk yang digunakan akun-akun terkemuka.

Kunci sukses dari strategi pemasaran satu ini yakni menemukan influencer yang tepat merek dan kampanye perusahaan. Misalnya dengan menjalin kerjasama dengan selebritas top di instagram maupun artis-artis terkenal yang memiliki akun instagram.

Sehingga merek Anda dapat mencuri perhatian publik dan mengundang orang-orang berkunjung ke akun instagram perusahaan. Strategi marketing melalui influencer dapat diawali dari mikro-influencer yang memiliki followers di bawah 100k.

Hindari langsung menggunakan makro-influencer. Pasalnya, postingan akun mikro-influencer menghasilkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi daripada makro-influencer. Umumnya mikro-influencer inilah yang membagikan postingan perjalanan, kecantikan, makanan, kesehatan, dan bisnis sesuai minat mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *